selamat datang kawand...

selamat datang di blog Dheeanz...

14 Juni 2009

kompsisi video ato film

Seperti bikin masakan, kalo kita pengen bikin film ato video yang enak buat dilihat, maka kita wajib memperhatikan komposisi gambar. Komposisi adalah segala sesuatu yang jika takaran atau ukuran atau proporsinya tepat, maka akan membuat film atau video kita jadi bagus. Komposisi sendiri terdiri dari :
1. Proporsi (ukuran)
Ukuran menentukan obyek mana saja yang akan menjadi point interest. Ada ukuran baku tapi bukan hukum untuk objek. Ukuran yang biasa kita kenal seperti:
a. Type of shot : ECU sampai ELS
b. Camera Angle
c. Camera Movement
d. Lighting

2. Framing : bagaimana cara kita memposisikan suatu objek dalam sebuah frame
3. Pictorial Balance : bagaimana kita menyeimbangkan antara objek utama dengan objek-objek pendukung agar enak ditonton.
4. Scale : penunujukan ukuran sang objek sebenarnya dengan cara memperbandingkan dia dengan objek-objek di sekitarnya. Skala yang biasanya dipakai adalah manusia, hewan, tumbuhan, dan bangunan di sekitarnya. Hal ini untuk mempermudah para penonton untuk mengimajinasikan objek tersebut.
5. Subject Prominence : cara kita untuk menonjolkan objek tersebut dengan jalan bagaimana kita memposisikan objek tersebut dalam frame. Kekuatan penonjolan subjek bisa dilihat dari :
View Point (camera angle)
Frame Position
Size Proportions (Ukuran subjek dengan lingkungan sekitarnya)
Lighting
Background (dimana ini akan menguatkan atau melemahkan subjeknya

6. Subject Attitude : perilaku sang objek yang akan mempengaruhi kekuatannya pada gambar tersebut. Hal ini dibagi menjadi 2 :
Weak Attitude: Membelakangi kamera, menunduk, lying down, dan slow movement
Strong Attitude: menghadap pas depan kamera (frontal view), tangan yang menggenggam, dan fast movement.

7. Picture shape
8. Unifying interest : bagaimana cara kita agar objek pendukung tidak mengalahkan objek utama ataupun bagaimana cara kita agar penonton tetap terfokus pada objek yang sebenarnya ingin kita tonjolkan. Hal ini dipengaruhi oleh penempatan objek dalam gambar dan warna-warna di sekitar objek.
9. Speed of Compositional lines :
10. Continuity of Centers of Interest : kesinambungan antara satu gambar dengan gambar lain
11. Color Impact

Tidak ada komentar:

Posting Komentar